Langsung ke konten utama

Operating System Microsoft, dari DOS hingga Windows

Mari kita mengenal Microsoft DOS dan Microsoft Windows dari versi awal hingga versi yang saat ini digunakan.

APA ITU MS.DOS?


Sumber foto : Pukme!.com

DOS kepanjangan dari Disk Operating System merupakan sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi, dengan media penyimpanan berupa disk (sebelum adanya hardisk) atau dikenal dengan nama disket.
Sistem operasi DOS menggunakan CUI (Character User Interface) atau antarmuka dengan pengguna berbasis text dan saat ini telah tergantikan/diperbaharui dengan adanya windows versi 9x, Me, 2000, XP, dan sebagainya yang berbasiskan GUI (Grapical User Interface).
Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).
Sejarah system operasi yang dimulai dari DOS sampai Windows dimulai dari tahun 1980 yakni  :

1). QDOS
sebuah Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS ( Quick and Dirty Operating Sytem ) yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. kemudian QDOS dipasarkan oleh Seatle Computer dangan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086. Kemudian Bill Gates dari perusahaan Windows membeli lisensi QDOS dan menjualnya keberbagai perusahaan computer.

2). PC DOS
Kemudian pada tahun 1981 sebuah perusahaan yang bernama IBM meluncurkan  PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk computer yang berbasis prosesor Intel 8086
3). MS DOS
Kemudian ditahun yang sama  yakni 1981 perusahaan Microsoft juga meluncurkan OS menggunakan nama MS DOS untuk OS yang dijual diluar perusahaan diluar IBM.
4). MS DOS 2.0
Pada tahun 1983 perusahan Microsoft mengeluarkan versi terbaru dari MS DOS yakni MS DOS versi 2.0 diluncurkan pada computer PC XT.
5). Macintosh dan MS DOS
Pada tahun 1984 perusahaan Apple meluncurkan Macintosh , dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX system 1.0 merupakan system operasi pertama yang telah berbasis grafish dan menggunakan mouse. Dengan peluncuran Macintosh oleh Apple, perusahaan Microsoft tidak mau kalah. Microsoft kembali meluncurkan MS DOS dengan versi terbarunya yakni versi 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10MB. Setelah beberapa bulan Microsoft kembali membuat versi terbaru dari MS DOS dengan versi 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.
Disamping itu Dos juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yaitu :
Kelebihan DOS
1).Dos menampilkan program yang lebih realitis dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virusk untuk memyembunyikan attribut).

Kekurangan DOS
1). Dos tidak GUI jadi otomatis lebih rumit karena pakai command line interface
2).Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS sebagai buktinya jika anda jalanin program DOS tanpa lewat CMD langsung ditutup sama windowsnya.



APA ITU MS. WINDOWS?


Sumber foto : id.wikipedia.org
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang di kembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis GUI ( Graphical User Iterface).

sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali di perkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang di buat untuk memenuhi kebutukan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS). Sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.X, versi 3.X juga sama, Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung pada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Dalam sejarah sistem operasi komputer, pengembangan dan penambahan fitur-fitur Windows terus dilakukan hingga kini dan menghasilkan Windows dengan berbagai versi. Berikut versi-versi Windows tersebut.


1). Windows versi 1.0:


windows versi 1.0 ( id.wikipedia.org)
merupakan windows versi awal, dikeluarkan tahun 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dan lebih mirip versi MS-DOS yang diperluas.

2).Windows versi 2.0: 


windows versi 2.0 ( id.wikopedia.org )

dibuat tahun 1987 dan mendukung aplikasi seperti Word dan Excel. Sistem operasi Windows menjadi OS GUI yang bersifat umum.


3).Windows versi 3.0:
windows veri 3.0 (tekhnologi.com)

dibuat pada tahun 1990 dengan penambahan kemampuan-kemampuan untuk menjalankan aplikasi dan mendukung sistem multitask juga virtual memory.



Windows versi 3.1: 

windows versi 3.1 (id.wikipedia.org)

versi ini merupakan revisi dari revisi 3.0 dengan menambahkan kemampuan-kemampuan mendukung multimedia.
5). Windows NT:
 
sumber foto : en.wikipedia.org
Sistem operasi ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1992 dan menjadi populer karena beberapa fiturnya dapat digunakan pada jaringan LAN.

6). Windows NT 4.0: 
sistem ini merupakan kelanjutan dari Windows 95 yang terlebih dahulu dirilis. Windows NT 4.0 ini memiliki 4 varian, yaitu:
1). Windows NT 4.0 Workstation
2). Windows NT 4.0 Server
3). Windows NT 4.0 Enterprise Server
4). Windows NT 4.0 Terminal Server

7). Windows 98: 
sumber foto : en.wikipedia.org

merupakan perbaikan dari Windows 95. Diluncurkan tanggal 25 juli 1998 dan terintegrasi dengan Internet Explorer browser. Dan tahun 1999, diluncurkan Windows 98 Second Edition dengan penambahan fitur Internet Connection Sharing.

8). Windows 2000: 
sumber foto : youtube.com

diluncurkan pada Februari tahun 2000 dan dekenal dengan NT 5.0. Windows 2000 ini muncul dengan 4 bentuk yaitu:
1). Windows 2000 Professional
2). Windows 2000 Server
3). Windows 2000 Advanced Server
4). Windows 2000 Datacenter Server

9). Windows ME: 
sumber foto : id.wikipedia.org
diperkenalkan tahun 2000, Windows ME (Millenium Edition) merupakan pengembangan dan perbaikan dari windows98. Beberapa fitur yang ditambah seperti fitur multimedia, internet dan Utility System Restore.


10). Windows XP: 













dikeluarkan pada tahun 2001. Sistem ini merupakan perpaduan NT/2000 dan Windows 3.1/ 95/ 98/ ME. Windows XP memiliki banyak varian, yaitu:

11). Windows XP Home Edition: 

















digunakan untuk PC dan laptop (notebooks).

12). Windows XP Home Edition N:
tanpa Windows Media Player.

13). Windows XP Professional Edition: 
digunakan untuk aplikasi bisnis.

14). Windows XP Media Center Edition (MCE): 
diluncurkan pada bulan November 2002 dengan penambahan fitur audio, video, and PVR.

15). Windows XP Media Center Edition 2003.
16). Windows XP Media Center Edition 2004.


17). Windows XP Media Center Edition 2005: 
diluncurkan tanggal 12 Oktober 2004.

18). Windows XP Tablet PC Edition:
digunakan untuk tablet PCs, notebook dengan layar sentuh (touch screens)


19). Windows XP Embedded

20). Windows XP Starter Edition : Diluncurkan untuk negara berkembang.


21). Windows XP Professional x64 Edition: 
sumber foto : softlay.com
sistem ini mendukung utility 64-bit prosessors, diluncurkan bulan April tahun 2005.

22). Windows Server 2003:
 
sumber foto : id.wikipedia.org
dikeluarkan tanggal 24 April 2003. Sistem ini mempunyai enam bentuk sistem opersi, yaitu:
Small Business Server
Web Edition
Standard Edition
Enterprise Edition (32 dan 64 bit)
Datacenter Edition
Storage Server

23). Windows Vista: 
 
sumber foto : en.wikipedia.org

sistem ini dirilis tanggal 30 November 2006 dengan penambahan fungsi grafis yang mirip dengan Apple’s Mac OS X. Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi “administrator-by-default” yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista tersedia dalam beberapa edisi:
Windows Vista Starter
Windows Vista Home Basic
Windows Vista Home Premium
Windows Vista Business
Windows Vista Enterprise
Windows Vista Ultimate

24). Windows Server 2008: 
Sumber foto : youtube.com
adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dijadwalkan untuk dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode “Windows Server Codenamed Longhorn.” Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003.


25). Windows 7: 
 
Sumber foto : id.wikipedia.org

Windows 7 Rilis selanjutnya setelah Windows Vista, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista. Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga terdiri 6 edisi yaitu:
Windows 7 Starter
Windows 7 Home Basic
Windows 7 Home Premium
Windows 7 Professional
Windows 7 Ultimate
Windows 7 Enterprise


26). Windows 8: 
 
Sumber foto : microsoft.com

windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputr pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosessor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh. Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8. Microsoft telah megeluarkan versi Release Preview, untuk dicoba di seluruh dunia dan di tampung komentar mereka untuk pembangunan Windows 8 menjadi lebih baik. Microsoft pun kini telah mengeluarkan Windows 8 Enterprise yang memiliki fitur paling lengkap di antara versi Windows 8 lainnya, seperti layar mulai yang memiliki pilihan latar belakang yang lebih banyak dan penuh warna. Pada 29 Februari 2012 Microsoft juga telah merilis Versi Consumer Preview sebelum di keluarkannya versi beta pada bulan Maret 2012. Microsoft juga telah merilis Versi Release Preview , ini merupakan versi terakhir percobaan Windows 8, yang tidak akan di utak atik lagi jika tidak ditemukan bug yang terlalu besar.


watch this vidio :



*Referensi artikel :
https://maykanasagala.wordpress.com/2015/03/16/sejarah-sistem-operasi-dimulai-dari-dos-sampai-windows/
https://ucupkelings.wordpress.com/sistem-operasi-windows-dan-sejarahnya/
http://rudy-waruwu.blogspot.com/2013/11/sejarah-dos-disk-operating-system.html
https://augustriyono.wordpress.com/2013/03/16/sejarah-dan-perjalanan-sistem-operasi-dos-mac-windows/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Komputer, dari Penemuannya hingga Sekarang

Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala yang berupa alat mekanik maupun elektronik. Kehidupan manusia saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi, khususnya Komputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis computer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki oleh masyarakat,misalnya personal data assistant (PDA), global position system (GPS), mobile computer (desktop, laptop), mobile phone (HP), translator, dan sebagainya. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871).  Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebu