Langsung ke konten utama

Alat Input dan Alat Output Komputer

A. Alat input

Alat input adalah perangkat masukan yang memberikan perintah langsung kepada perangkat output (keluaran) pada komputer untuk memberikan sebuah data atau informasi yang dibutuhkan oleh user. 


Berikut adalah macam-macam peralatan input pada komputer


1). Keyboard

sumber: http://tutorialkomputer.com














Berfungsi memasukkan huruf, angka,  karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.


2. Mouse



sumber: http://bima-aditya.com












Mouse Berfungsi untuk memindahkan pointer  atau kursosr secara cepat serta mengatur  posisi kursor di layar


3. Scanner

sumber : http://click.co.id















Berfungsi untuk mengopi atau menyalin gambar atau teks yang kemdian disimpan dalam memori komputer. Scanner sebenarnya terbagi atas beberapa jenis menurut fungsinya. ada yang berfungsi memindai tulisan dan menyimpannya dalam format teks, ada yang berfungsi untuk memindai dan menyimpan dalam format picture, ada pula yang berfungsi untuk memindai warna hitam seperti  yang dilakukan alat periksa kertas ujian.

4. Flashdisk
Sumber: http://blibli.com

















Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan.




5. Webcamera





















Fungsi dari webcam adalah untuk dapat untuk memudahkan dalam mengolah pesan cepat seperti chat melaui video atau bertatap muka melalui video secara langsung. Selain itu Webcam juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sebuah media secara langsung, namun perlu disadari kebanyakan pengguna menggunakan piranti ini hanya untuk chat video.



B. Alat Output


Output Device atau biasa disebut dengan perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data.


Berikut adalah macam-macam alat output (keluaran) pada komputer.


1. Monitor



Sumber:http://siskomputer.com


















Monitor Berfungsi menampilkan teks dan/atau gambar, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh grafik.



2. Printer




Sumber: http://hardwarekomputer.net

















Untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi


3. LCD Projector

Sumber : http://vilman.com



















Berfungsi menampilkan bayangan sebuah  gambar positif yang dapat ditembus  cahaya.


4). Speaker
Sumber : http://blibli.com





















speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri.


5). Headset/Headphones

Sumber : http://blossomzones.com













Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Komputer, dari Penemuannya hingga Sekarang

Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala yang berupa alat mekanik maupun elektronik. Kehidupan manusia saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi, khususnya Komputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis computer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki oleh masyarakat,misalnya personal data assistant (PDA), global position system (GPS), mobile computer (desktop, laptop), mobile phone (HP), translator, dan sebagainya. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871).  Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebu